Selasa, 25 Oktober 2011

Sejarah dan Latar Belakang Berdirinya PP ad Dar as Salafiyah al Islamiyah

Pondok Pesantren ad DAR as SALAFIYAH al ISLAMIYAH ini berawal dari Ide seorang Putra Daerah Kampar - Riau yang pernah mengenyam pendidikan di Kuwait - Timur Tengah selama beberapa tahun, yang bernama H.ZAMZAMI, NAS. adapun Faktor / sebab pokok yang mendorong beliau untuk mendirikan Almamater
ini adalah :


  1. Karna Beliau melihat dengan kaca mata yang islami bahwa kehiidupan ber-Dinullah yang seharusnyaberlandaskan kepada kitab Allah (Al-Quran) dan Hadits yang shohih sudah tidak tegak lagi, dimana banyak orang-orang yang hanya bangga menyandang status 'Muslim' tapi sebahagian besar hukum islam itu tidak ada yang bisa ditegakkan pada pribadi mereka. mereka tenggelam dalam lautan kedurhaaan mereka. 
  2. Disisi lain, Perbuatan-perbuatan syirik, bid'ah, takhayyul dan khurofat meraja-lela, aliran-aliran sesat lahir ke permukaan bagaikan jamur dimusim hujan, satu sama lain saling membanggakan kelompoknya dan mencela kelompok yang lain.
  3. Dilain pihak, banyak para Muballigh dan para guru yang salah dalam memahami makna Ilmu itu sendiri. dimana Allah dan Rasul-Nya mengatakan bahwa ilmu itu adalah Qoulullah wa Qoulur Rosul (Al-Quran dan Hadits) dan bukan pengetahuan nisby ataupun tajriby, sedangkan mereka mengatakan bahwa Ilmu itu adalah pintar cara menenun kain, bercocok tanam, membuat alat elektronik dan lain sebagainya. dan paham ini adalah paham yang salah tentang definisi Ilmu.
  4. Banyak orang yang mengira bahwa berfaham secara paham salaf itu adalah jumut (stagnan dan tidak berkembang), padahal dahulu islam itu berjaya adalah lantaran mengikuti paham salafus sholeh (Shahabat Nabi, Tabi'in, dan Tabi'ut Tabi'in), Generasi yang telah diakui oleh Allah dan Rasulnya dan di abadikan dalam Al-Quran dan Hadits.

Berawal dari keinginan untuk memperbaiki keadaan-keadaan tersebut serta membetulkan faham-faham yang salah itu, Bersama-sama dengan penduduk setempat serta pemuda desa, beliau bersepakat melakukan pertemuan guna membahahas pembentukan Lembaga Pendidikan yang bernafaskan Islam berupa Pondok Pesantren pada tahun 1994.  Alhamdulillah dengan izin Allah semua rencana tersebut dapat terealisasi karena mendapat dukungan dari penduduk dan masyarakat setempat.  Pada awal tahun 1995, dengan bantuan Hibah berupa tanah yang terletak di Desa Bukit Sembilan, serta bantuan dana dari pemerintah baik dalam maupun luar Negeri, mulailah di laksanakan pembangunan Pondok Pesantren ini.
Setelah memakan waktu hampir 1 tahun, Pondok pesantren ini akhirnya berdiri, dan diresmikan pada hari Selasa pukul 14,00 WIB pada tanggal 26 Desember 1995 dengan nama Pondok Pesantren ad DAR as SLAFIYAH al ISLAMIYAH.
Pondok pesantren ini terdiri dari 2 jenjang pendidikan, yaitu Tingkat Tsanawiyah dan tingkat Aliyah.  Pondok pesantren ini bermanhaj Salaf yang berlandaskan kepada Al-Qur’an dan Sunnah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar